Apa itu Perenungan Diri? Dan Inilah Manfaat Yang Bisa Kita Dapatkan

Sederhananya, perenungan diri (juga dikenal sebagai “refleksi pribadi”) adalah meluangkan waktu untuk memikirkan, bermeditasi, mengevaluasi, dan memikirkan secara serius perilaku, pikiran, sikap, motivasi, dan keinginan Anda. Ini adalah proses menyelam jauh ke dalam pikiran, emosi, dan motivasi Anda serta menentukan hal-hal hebat, “Mengapa?” dibelakang mereka.

Refleksi pribadi memungkinkan Anda menganalisis kehidupan Anda baik dari tingkat makro maupun mikro. Pada tingkat makro, Anda dapat mengevaluasi keseluruhan lintasan hidup Anda. Anda dapat melihat ke mana tujuan Anda, menentukan apakah Anda senang dengan arahnya, dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Tanpa refleksi diri, kita hanya menjalani hidup tanpa berpikir, berpindah dari satu hal ke hal berikutnya tanpa menyediakan waktu untuk mengevaluasi apakah segala sesuatunya berjalan dengan baik. Kami tidak berhenti sejenak untuk berpikir. Untuk menganalisa. Untuk menentukan apa yang berjalan baik dan tidak berhasil. Hasil yang sangat disayangkan adalah kita sering mengalami kemacetan.

Misalnya, kurangnya refleksi pribadi dapat membuat kita tetap pada pekerjaan yang tidak kita sukai atau hubungan yang tidak berjalan dengan baik.

Kurangnya self reminder menyebabkan kita terus berlari, mencoba mengikuti hal-hal meskipun tidak berjalan dengan baik. Kami merasa seperti kami hanya mencoba untuk menjaga kepala kami tetap di atas air. Kami akhirnya melakukan hal yang sama berulang kali, meskipun hal tersebut tidak memberikan hasil yang kami harapkan.

Ini Memungkinkan Anda Untuk Mendapatkan Perspektif

Emosi dapat mengaburkan penilaian Anda dan Anda dapat melupakan apa yang sebenarnya penting. Beberapa hal tampak lebih besar dan lebih buruk daripada yang sebenarnya.

Refleksi diri memungkinkan Anda untuk mundur selangkah dan mendapatkan perspektif tentang apa yang penting dan apa yang dapat diabaikan. Ini memungkinkan Anda untuk memproses acara dan mencapai kejelasan tentangnya.

Ini Membantu Anda Menanggapi Lebih Efektif

Sering kali, kita hanya bereaksi terhadap keadaan apa pun yang menghampiri kita. Hal ini dapat membuat kita mengatakan dan melakukan hal-hal yang kita sesali. Saat kami berada dalam mode reaktif, kami tidak meluangkan waktu yang diperlukan untuk mempertimbangkan tindakan dan kata-kata kami.

Refleksi pribadi memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan konsekuensi dari kata-kata dan tindakan Anda. Ini juga memungkinkan Anda untuk mempertimbangkan cara terbaik, paling efektif, paling membantu untuk bertindak dalam situasi tertentu.

Ini Mempromosikan Pembelajaran dan Pemahaman

Ketika kita menjalani hidup tanpa berhenti untuk berpikir dan merenung, kita tidak belajar atau mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang hidup. Kami hanya berpindah dari satu hal ke hal berikutnya, tidak pernah berhenti sejenak untuk memikirkan pelajaran berharga apa yang mungkin kami pelajari.

Refleksi diri, di sisi lain, memungkinkan kita untuk mengevaluasi dan memproses apa yang telah kita alami. Itu memungkinkan kita untuk berpikir secara mendalam dan merenungkan arti dari keadaan, emosi, dan motivasi kita. Itu memungkinkan kita untuk hidup secara holistik, terintegrasi, dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *