Apa itu Flange Pipa dan Fungsinya?

Flange adalah komponen yang berfungsi untuk menggabungkan dua komponen pipa dengan valve atau pipa dengan peralatan lainnya. Untuk membuat satu kesatuan dengan media perekat adalah sekrup.

Flange yang digunakan untuk pipa memiliki beberapa jenis dan ukuran yang bervariasi. Itu tergantung pada spesifikasi dan desain pipa yang digunakan.

Fungsi Flange

Apa fungsi Flange? Flange berfungsi sebagai komponen penyambung ke pipa yang berfungsi untuk memudahkan pekerjaan, perawatan, perbaikan dan penggantian peralatan lain tanpa perlu merusak komponen yang bersangkutan.

Jenis Flange pipa

Jenis flange didasarkan pada ukuran atau dimensi ANSI, misalnya: ANSI#150,ANSI#300,ANSI#600 dan seterusnya.
Jenis flange berdasarkan jadwal, misalnya: sch 30, sch 40, sch 80, sch XS (ekstra kuat) dan lain-lain.
Jenis flange didasarkan pada jenis muka pada pipa, misalnya: tipe muka datar, tipe muka terangkat dan sambungan tipe cincin.

Jenis-jenis Flange menurut bentuknya menurut ANSI.

Yang perlu dijelaskan dalam hal ini adalah jenis flange menurut bentuknya menurut ANSI. Karena inilah poin utama yang harus diketahui oleh siapa saja yang bekerja sebagai installer atau tukang pipa. Bukan berarti yang lain tidak penting, tapi setelah tahu bentuknya, baru tahu apa itu ANSI atau jadwal. Berdasarkan ANSI (American National Standards Institute), jenis Flange berbeda sebagai berikut:

Flange buta

Flange buta memiliki fungsi menutup aliran. serta fungsi colokan aksesori. Flange jenis ini rata dan tidak berlubang. Hal ini karena digunakan untuk penutupan.

Flange soket (flange tipe soket)

Socket Flange adalah flange dengan tahanan di bagian luar. Hal ini membuat tabung yang dimasukkan ke dalamnya tidak dapat menembus keluar.

Slip on Flange

Saat meluncur, Flange hanya bisa masuk sebagian. Pengelasan akan dilakukan pada bagian luar dan dalam. Oleh karena itu, diameter dalam slip pada Flange harus lebih besar dari diameter luar pipa.

Flange weldneck

Jenis flange ini adalah yang paling umum digunakan di pabrik. Ini karena mudah dihubungkan dengan pipa. Selain itu, Flange ini dapat digunakan untuk tekanan dan suhu rendah serta untuk tekanan dan suhu tinggi.

Flange lap joint

Artinya, flange jenis ini dapat diputar pada posisi lubang ulir. Jenis Flange ini tidak direkomendasikan untuk tekanan tinggi.

Flange berulir

Seperti namanya, Flange berulir memiliki tipe sambungan yang menggunakan ulir. Biasanya flange ini digunakan untuk sistem yang sangat rawan kebakaran saat menggunakan pengelasan.

Mencari Flange berkualitas? Hubungi saja PT Andalas Mitra Global

PT Andalas Mitra Global adalah perusahaan distributor pipa yang sudah sangat berpengalaman. PT. Andalas Mitra Global adalah distributor Flange berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *